Click the Corner
logo mahkamah agung
Berita dan Informasi

Fokus Pengumuman

Berita Terkini

Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

spip1

Usai agenda Rapat Koordinasi Bulanan Pengadilan Agama Pasir Pengaraian, Gusliana, S.H. Kasubag. Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Agama Pasir Pengaraian lanjut mengisi agenda kantor selanjutnya yakni memberikan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Agenda ini bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pasir Pengaraian. Acara ini dihadiri seluruh Pimpinan, Hakim, Pegawai dan PPNPN Pengadilan Agama Pasir Pengaraian.

spip2

Gusliana memaparkan materi terkait SPIP yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 60 Tahun 2008. Materi ini didapatkannya dari Bimtek yang pernah diikutinya dulu. Dari penyampaiannya tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) ini tidak berlaku khusus tetapi berlaku umum, berlaku untuk semua lnstansi pemerintahan baik pusat mapun daerah. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan pimpinan Instansi Pemerintah wajib melakukan pemantauan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) ini".

 

 

 

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung RI tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas