Click the Corner
logo mahkamah agung
Berita dan Informasi

Fokus Pengumuman

Berita Terkini

Hari Pertama Kasubbag PTIP PA Pasir Pengaraian Menjadi Peserta Pelatihan SPIP Integratif Gelombang II Tahun 2024


Senin, 10 Juni 2024 pukul 08.30 WIB Gusliana, S.H. Kasubbag Perencanaaan Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Agama Pasir Pengaraian bersama 29 (dua puluh sembilan) Peserta Pelatihan SPIP dari berbagai peradilan yang ada di Indonesia ini mulai menerima pemaparan materi dari Pengajar Diklat. Selama 5 jamlat peserta mendapatkan materi Gambaran Umum Penyelenggaraan SPIP di Lingkungan Mahkamah Agung dan Arah Kebijakan Pelatihan tentang Pengembangan SPIP di Mahkamah Agung.

Adapun materi ini menghadirkan Narasumber dari Mahkamah Agung yakni Ibu Martini Marja, Hakim Yustisial pada Badan Penelitian dan Pengembangan & Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan. Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah/SPIP oleh Mahkamah Agung berkoordinasi, bekerjasama dan bersinergi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan/BPKP ini dilaksanakan secara tatap muka jarak jauh melalui aplikasi zoom meeting. Baik narasumber dan peserta tetap semangat pada kegiatan diklat ini. Narasumber membuka komunikasi aktif dengan peserta Diklat. Peserta diberi ruang untuk berbagi pengalaman seputar pelaksanaan tugasnya selama ini yang berkaitan dengan poin materi yang diberikan.

Narasumber juga memberikan pencerahan untuk selalu melakukan pekerjaan dengan baik dan niatkan sebagai ibadah. Selalu jaga integritas dan kinerja. Melalui SPIP kita mendapatkan solusi meminimalisir temuan terkait pelaksanaan tugas. Kita telah mengupayakan 5 unsur SPIP, lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian intern. Pada akhirnya pekerjaan dilaksanakan secara terukur dan terkendali.

Selanjutnya disampaikan materi oleh Pengajar dari BPKP Bapak Edi Santoso. Terdapat 2 materi yang beliau sampaikan yakni Konsep Pengendalian Intern dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 dan Konsep Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi. Materi selama 10 jamlat ini, tuntas beliau sampaikan jelang jam 5 sore.

 

 

 

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Mahkamah Agung RI tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas